Close

Panduan Pelayanan Kesehatan Reproduksi Calon Pengantin Dalam Masa Pandemi Covid-19 dan Adaptasi Kebiasaan Baru

Calon pengantin (catin) yang akan menikah merupakan cikal bakal terbentuknya sebuah keluarga, sehingga sebelum menikah catin perlu mempersiapkan kondisi kesehatannya agar dapat menjalankan kehamilan sehat sehingga dapat melahirkan generasi penerus yang sehat dan menciptakan keluarga sehat, sejahtera dan berkualitas. Oleh karena itu, pelayanan kesehatan bagi calon pengantin tetap perlu diberikan meskipun dimasa pandemi Covid-19 dengan memaksimalkan penerapan protokol pencegahan dan penularan Covid-19 melalui adaptasi kebiasaan baru.

Pelaksanaan pelayanan Kesehatan reproduksi bagi catin di masa pandemi Covid-19 ini diharapkan dapat dilakukan dengan memperhatikan zona wilayahnya. Tetapi prinsipnya bagi pasangan calon pengantin tetap dapat melakukan konsultasi dan pemeriksaan kesehatan reproduksi calon pengantin di fasilitas pelayanan kesehatan selama masa pandemic covid-19 melalui perjanjian terlebih dahulu dengan petugas kesehatan dan tetap menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19 meliputi mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menggunakan masker dan menjaga jarak minimal 1 meter. Pemberian KIE/konseling kesehatan reproduksi calon pengantin tidak dilakukan secara langsung atau tatap muka, tetapi tetap dilakukan melalui media online/daring (WA, SMS, HP, Aplikasi dsb).

Bimbingan perkawinan, konsultasi dan pemeriksaan kesehatan, pelaksanaan pernikahan (akad nikah, pemberkatan, perkawinan, pawiwahan dsb) dan resepsi pernikahan dilaksanakan dengan memperhatikan protokol pencegahan dan penularan Covid-19 dan semaksimal mungkin mengurangi kontak fisik.

Pelaksanaan resepsi pernikahan dimasa pandemi Covid-19 sebaiknya ditunda, namun jika tidak memungkinkan dapat dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan kondisi pandemi Covid-19 di wilayahnya. Pelaksanaan pernikahan (seperti akad nikah, pemberkatan perkawinan, pawiwahan dll) dihadiri maksimal 10 orang dengan memperhatikan protokol pencegahan penularan Covid-19.

Sehubungan dengan hal tersebut, Panduan Pelayanan Kesehatan Reproduksi Calon Pengantin di Masa Pandemi Covid-19 dan Adaptasi Kebiasaan baru disusun untuk membantu petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan reproduksi calon pengantin dengan tetap mengutamakan kewaspadaan untuk melindungi petugas kesehatan dan masyarakat yang dilayani dari penularan Covid-19. Penerapan protokol pencegahan penularan Covid-19 sesuai standar harus dilakukan agar pelaksanaan pelayanan Kesehatan Reproduksi Calon Pengantin dapat berjalan dengan baik dan bermutu.